jump to navigation

Mei 29, 2008

Posted by staibalaiselasa in Acara STAI.
trackback


PROPOSAL
SEMINAR INTERNASIONAL
PEMBANGUNAN DAERAH
PESISIR SELATAN BERBASIS PENDIDIKAN

A. Dasar Pemikiran

Investasi pendidikan merupakan modal yang paling besar dalam pembangunan sebuah daerah atau wilayah pada suatu bangsa dan Negara. Secara jujur dilihat dengan mata hati nurani masing-masing, maka secara universal bahwa tidak satupun Negara maju di dunia ini mengabaikan bidang pendidikan. Bahkan yang terjadi adalah sebaliknya, semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat dalam sebuah Negara maka terlihat semakin maju pula pola kehidupan berbangsa dan bernegara mereka. Contoh kecil dapat dikemukakan pada Negara-negara yang paling hampir dengan Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, apalagi Jepang telah menjadi rujukan dunia pada hari ini dalam bidang pendidikan. Singapura dengan wilayah kecil dan tidak mempunyai kekayaan alam yang memadai, tapi mereka mampu membuat dunia berdecak kagum dengan kemajuan Negara mereka. Demikian juga halnya dengan Negara Jepang, tidak mempunyai kekayaan alam, air liur mereka menitik melihat kekayaan alam di Indonesia, namun mereka menjadi pusat industri yang sangat dikagumi oleh seluruh dunia hari ini. Malaysia yang dulunya berguru kepada orang-orang Indonesia, sekarang telah meningglkan Indonesia 20 tahun di belakang kemajuan mereka hari ini.

Bila diperhatikan rahasia dan jawaban oleh negara-negara tersebut, ternyata mereka telah menjadikan pendidikan sebagai tunjang kemajuan. Negara-negara ini telah menganggarkan sebahagian besar (anggaran yang paling tinggi) dari seluruh anggaran belanja negara yang ada untuk kepentingan pendidikan. Bahkan di negara Malaysia mereka mempunyai tabungan negara khusus yang diperuntukkan untuk memajukan pendidikan.

Di Indonesia, khususnya Propinsi Sumatera Barat, bila dilihat kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Transisi tahun 2006 sebagaimana yang telah ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 46 Tahun 2005 tanggal 30 April 2005. RPJM Transisi Propinsi Sumatera Barat tahun 2006, memuat empat agenda pembangunan, yaitu: (i) Mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, (ii) Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih dan berdisiplin tinggi, (iii) Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang maju dan berorintasi pasar dan (iv) Pengembangan sarana dan prasarana pembangunan yang mendorong percepatan pembangunan.

Dalam RPJM Pesisir Selatan (Perbup No.11 Tahun 2006), pendidikan diagendakan dalam pembangunan sosial budaya. Agenda pendidikan diprogramkan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) meliputi 8 agenda, yakni: (1) peningkatan pendidikan dasar, (2) pemantapan wajar (wajib belajar) 9 tahun, (3) pengembangan pendidikan menengah, (4) pengembangan pendidikan non formal luar sekolah dan olah raga, (5) peningkatan mutu pendidikan dan tenagan pendidik, (6) pengembangan manajemen pelayanan pendidikan, (7) pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan (8) pengembangan pendidikan luar sekolah dan kepemudaan, kepramukaan maupun karang taruna.

Sejalan dengan arah pembangunan Nasional dan arah kebijakan pembangunan Propinsi Sumatera Barat serta RPJM Pesisir Selatan, maka arah kebijakan umum APBD Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2006 pun memfokuskan pada pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam tataran konsep arah pembangunan yang akan dijalankan cukup bagus dan memadai untuk membawa Pesisir Selatan dan Sumatera Barat menuju kemajuan seperti negara-negara maju lain di dunia. Bagaimanapun untuk mewujudkan cita-cita mulia ini tentunya memerlukan sokongan, dukungan dan buah fikiran dari pelbagai pihak, baik pihak aparatur negara, kalangan praktisi dan akademik serta seluruh jajaran masyarakat. Keseluruh unsur tersebut mestilah dapat disatukan agar cita-cita ini dapat dilaksanakan dengan baik. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balaiselasa sebagai perguruan tinggi yang mempunyai prodi pendidikan bersama-sama aktor pembangunan dari unsur perrguruan tinggi lainnya serta Mahasiswa Pesisir Selatan yang sedang belajar di luar (dalam/ luar negeri seperti di negara Malaysia) sebagai bagian dari masyarakat PES-SEL mempunyai tekad dan keinginan untuk membantu pemerintah daerah PES-SEL dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat PES-SEL. Secara personal dan organisasional mereka ingin bergandengan bahu untuk menjembatani pemerintah daerah dengan para akademisi, praktisi, tokoh-tokoh luar dan dalam negri dalam membentuk seminar yang bertema ”Pembangunan Daerah Pesisir Selatan Berbasis Pendidikan”

B. Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama : Seminar Internasional

C. Tema Kegiatan
Kegiatan ini bertemakan: ”Pembangunan Daerah
Pesisir Selatan Berbasis Pendidikan”
D. Pembicara
a. Gamawan Fauzi Dt. Rajo Nan Sati/ Gubernur Sumbar/ keynoot speakers-1
b. Nasrul Abit/ Bupati/ Keynoot speakers-2
c. Dr. Is Anwar Dt. Rajo Perak / Ketua YAPPTI/ Keynoot speaker-3
d. Prof. Madya Dr. Tajuddin Ariffin Noordin/ Guru Besar UKM Malaysia
e. Prof. Madya Dr. Idris Abdullah/ Guru Besar UKM Malaysia
f. Syafrimen, M.Ed./ Mahasiswa S-3 UKM Malaysia
g. Dr. Jasrial/ Pemprov. Sumatera Barat/ UNP
h. Dra. Gusnidar Agus/ Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Selatan
i. Prof. Dr. Sirajuddin Zar, MA/ Rektor IAIN Imam Bonjol/ Kord. Kopertais VI
j. Drs. Zaitul Ikhlas Saad/ STISIP
k. Prof. Dr. Armen Mukhtar/ Dewan Pendidikan

E. Tujuan

a. Menghimpun informasi dari kalangan praktisi dan akademisi pendidikan nasional dan Negara lain tentang pembangunan pendidikan di Pesisir Selatan.
b. Berbagi informasi dengan pemerintah daerah tentang pembangunan Pesisir Selatan berbasiskan pendidikan.
c. Berbagi informasi tentang kebijakan pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan pembangunan pendidikan di Pesisir Selatan.
d. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk mewujudkan pembangunan pendidikan Pesisir Selatan.

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 September 2007 di Kampus STAI Balaiselasa, Pesisir Selatan.

G. Panitia Pelaksana
Panitia pelaksana kegiatan ini adalah kerjasama pihak STAI, PEMDA PES-SEL dan Mahasiswa Pesisir Selatan yang belajar di Malaysia, SK tersendiri.

H. Peserta Seminar
Peserta seminar 100 orang dari berbagai pihak yang berkompeten dan masyarakat umum yang mempunyai perhatian terhadap pendidikan Pesisir Selatan seperti :
a. Pemerintah Daerah ………………….. 7 orang
b. Praktisi Pendidikan (Guru) …………. 10 orang
c. Akdemisi Pendidikan Dosen ………… 10 orang
d. Lembaga Sosial Masyarakat ………… 3 orang
e. Mahasiswa dalam/ luar negeri ……… 20 orang
f. Masyarakat umum …………………… 10 orang
g. STAI Sumbar- Kerinci ……………… 20 orang
h. STAI Balaiselasa …………………… 20 orang

I. Bentuk Kegiatan

a. Seminar
b. Dialog ataupun diskusi
c. Rumusan membangun Pesisir Selatan berbasis pendidikan oleh Tim ahli

J. Anggaran Biaya
Anggaran biaya pelaksanaan Seminar Internasional akan didiskusikan bersama dengan pihak Pemerintah Daerah Pesisir Selatan.

K. Sumber Dana
Pembiayaan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh dari sponsor, Pemerintah Daerah, tokoh-tokoh PES-SEL dan Sumatera Barat, Pengusaha, Perantau dari dalam dan luar negeri, peserta, serta semua pihak yang dapat membantu terlaksana seminar ini.

L. Penutup
Proposal ini disusun dalam upaya menyelenggarakan “SEMINAR INTERNASIONAL PEMBANGUNAN DAERAH PESISIR SELATAN BERBASIS PENDIDIKAN” dengan harapan mendapat perhatian dari semua pihak sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Setelah selesai kegiatan seminar ini dapat memberikan rumusan pembangunan pendidikan dengan menjalin kerjasama dengan semua pihak baik dalam dan luar negeri.

Balaiselasa, 27 Mei 2007
Ketua,

Drs. Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: